Contact Details

Pengikut

Get in Post

Cara Menangani Ganguan Internet Speedy Anda


Cek Lampu Indikator pada modem
Biasanya di setiap modem memiliki 4 lampu indikator (berupa LED) yang menyala apabila normal;
  1. LED POWER : Menandakan Modem mendapat catuan istrik (daya).
    • Apabila Menyala artinya normal ada catuan daya (listrik).
    • Apabila Mati artinya adaptor rusak / modem yang rusak.
  2. LED ADSL : Menandakan terhubung atau tidak ke jaringan telkom.
    • Apabila Menyala (Panteng dan tidak berkedip / blink) berarti modem terhubung ke jaringan telkom.
    • Apabila Mati berarti saluran telepon dari modem tidak tersambung (putus) ke jaringan telkom. antisipasinya pastikan semua kabel terhubung dengan baik mulai dari ktb ke Roset > Roset ke Spliter > Spliter ke modem tdk ada yang terputus atau pun yang berkarat.
  3. LED INTERNET : Menandakan bahwa terhubung kejaringan internet atau tidak.
    • Apabila Menyala / berkedip berarti sudah terhubung ke BRAS dan siap browsing.
    • Apabila Mati / menyala Merah berarti adanya kesalahan seting seperti user speedy dan pass speedy salah, atau karena terisolir akibat belum bayar tagihan, atau modem belum di seting PPOE / pun Bridging.
  4. LED LAN  : Menandakan adanya PC / Laptop yang kerhubung dari modem ke PC / Laptop memlaui kabel RJ45.
  5. LED WLAN/Wireless : Hidup, berarti setting wifi di modem sudah berhasil, kedip-kedip berarti sudah ada PC/Laptop/Hp client yg melakukan koneksi. Mati jika setting wifi di nonaktifkan.
  6. LED USB : *catatan ini khusus untuk modem non wireless, Nyala jika ada PC/Laptop yg terkonek ke modem melalui port USB. Jika mati berarti tidak ada.
Jadi kalau tiba-tiba Speedy anda tidak bisa browsing, maka lakukan langkah-langkah berikut ini :
  1. Cek status Modem, semua lampu indikator. Utamanya lampu Power, ADSL/Link, LAN/Ethernet &Internet/Data.
    Jika lampu ADSL/Link tidak menyala, cek nada teleponnya, apakah ada atau tidak, jika tidak ada, cek perkabelan dari roset ke filter dan ke modem. Jika semua bagus, maka laporkan ke 147 sebagai gangguan telepon (menu 3)
  2. Cek status LAN di komputer.
    Masuk ke LAN Properties.
    Cek IP LAN melalui propertis LAN,atau pakai command prompt ketik ipconfig
    Test Ping ke IP local modem 192.168.1.1 Jika tidak tembus, maka cek konfigurasi LAN nya, apakah sudah Obtain automatically/DHCP atau statik. Kalau statik, hapus dulu dan kembalikan ke Obtain.
    Lakukan test ping lagi ke IP Modem (192.168.1.1), jika berhasil, lanjut ke langkah berikutnya.
  3. Test Ping ke IP Speedy (202.134.0.155) atau DNS yang lain, misalnya DNS Nawala. Jika tidak berhasil maka cek status koneksi PPPoE/PPPoA di Modem. Lihat apakah Modem sudah berhasil mendapat IP dari BRAS. Jika belum mendapat IP, maka kemungkinan koneksi belum berhasil. Lakukan koneksi dengan type bridge. Lakukan koneksi, apakah error yang terjadi, apakah 678 atau 692. Jika 692, berarti user name/password salah, jika 678 mungkin portnya yang error atau modul DSLAM nya rusak.
  4. Jika semua diatas normal, coba Cek proxy apakah terpasang atau tidak, terutama laptop yang sering dipakai di tempat kerja, dimana kalau di kantor Laptop yg terhubung LAN, untuk akses internetnya harus memakai Proxy. Kalau terpasang, lepaskan dan kosongkan.
  5. Jika lampu Data/Internet tidak menyala Cek tagihan apakah ada tunggakan atau tidak. Jika masih ada tunggakan , lunasi dulu tunggakannya.
  6. Jika lampu Data/Internet masih warna merah, coba ingat-ingat apakah baru saja mengubah password Speedy melalui portal  http://www.telkomspeedy.com/
    Kalau ya, berarti password yg baru saja diubah harus di inject kan di Modem melalui setting modem. Coba cari artikel cara setting modem bagaimana.
  7. Kalau masih belum bisa browsing Cek di status modem (masuk setting), apakah sudah mendapat alokasi IP dari BRAS. Jika belum, ada kemungkinan gangguan massal. Atau kalau pelanggan dengan fixed IP, ada kemungkinan IP conflict. Coba laporkan ke 147 menu 2 (data& internet).
  8. Jika test ping ke modem dan DNS tembus, namun belum bisa browsing, lakukan setting DNS manual ke IP setting, misalkan dengan DNS Nawala.
    Trik untuk netbook dan windows nya Seven atau Vista, sebelum komputer dihidupkan, hidupkan terlebih dulu modem speedy sampai semua lampu nyala normal, Netbook dihidupkan.
  1. maaf mas mohon bantuan setingan server wifi radio on,,,tiba tiba sy salah pencet,radio on jadi of,trus hank

    BalasHapus
  2. Bang,saya sudah melakukan trik dari abang,tapi lampu adsl saya tetap berkedip habis tu mati,terus ngulang lagi berkedip mati lagi.mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sekarang sdh jadi ? Solusinya bagaimana ? Terima kasih.

      Hapus
  3. bang ko internet syaa gk konek lampu indikator normal semua..tapi internet gk mau jalan muter aja kira kira ap y ya

    terima kasih

    BalasHapus
  4. bang ko internet syaa gk konek lampu indikator normal semua..tapi internet gk mau jalan muter aja kira kira ap y ya

    terima kasih

    BalasHapus
  5. lampu tanda gembok menyala, gimana cara mematikannya... dan sampai di lihat untuk kesejuta kalinya postingan ini, dan komentar saya dan kawan lainnya, gak dibalas.. hapus saja kolom komentar... jika tak dibalas.

    BalasHapus
  6. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus
  7. Bang adsl nya suka berkedip kenapa yah ? Internet nYa pun mati udah ganti modem tapi gtu terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek kabelnya, mungkin ada yang belum disambung dgn baik.

      Hapus
  8. Gimana solusinnya kalau internet terhubung dan lancar browsing tapi hanya sebentar 10 menitan langsung nggak mau browsing lagi.
    Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  9. punyaku warna merah mulu internya gimana ini solusina

    BalasHapus
  10. Untuk saat ini terjadi gangguan massal,info nya karena hacker sehingga menyebab kan lampu warna merah.

    BalasHapus
  11. Apakah benar begitu?soalnya dari kemaren wifinya gak bisa di pake padahl semua lampu di wifinya nyala trs tiba2 wifi saya ke reset dgn sendirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudh melapor ke 147 atau plasa telkom sebelumnya mbak?

      Hapus
  12. bagai mana ini ,, sampe saat ini masih warna merah lampu internet saya

    BalasHapus
  13. Cara hidupin led wlannya gmna min?? Tetiba gk nyala

    BalasHapus
  14. min kenapa wifi saya sering tidak terhubung di siang hari tapi malam hari bisa terhubung ? masalahnya ada dmana ?

    BalasHapus
  15. Mas, klw lampu modem merah,,, akibat tidak trpakai lg untuk lokal,,, tp saya mw pake wifi nya,,, saja, bgaimana setting nya ,,, tolong

    BalasHapus
  16. mas wifi di skolah saya nihh...kl di hp bagus ...tp kl di sambung di wifi laptop belum 10 menit jaringannya langsung ngak bisa connectlagi ...solusinya apa nihh

    BalasHapus
  17. di FOTOin dong... Malas amet lo

    BalasHapus